>
Home » » Kabut.. Kabut.. Kabuuuut Aseep..

Kabut.. Kabut.. Kabuuuut Aseep..



Sobat..
Masyarakat Riau dan kepulauan riau sdh lebih dari satu minggu lebih dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.. Kini dampakny pun byk yg di rasakan oleh msyrkt.. Krn daya tahan tubuh msyarakat mnurun trjdilah lonjakkan pasien di berbagai tempat krna mslh ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas)

Di tempat kelahiran ku pun masuk kawasan "kabut asap".. Kabupaten rohil, bagansiapiapi..

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, pada kondisi kesehatan tertentu, org akan lebih mudah mengalami gannguan kesehatan akibat kabut asap.. Khususny pada org dg gangguan paru dan jantung, lansia, dan anak-anak..

Menurutnya, ada be2rp gangguan kesehatan yg dpt terjadi akibat kabut asap yakni:

1. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pd mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan mungkin juga infeksi..‎#terlebih jk suhu tubuh mningkat,. Yok waspada 1..

2. Kabut asap dapat memperburuk asma dan penyakit paru kronis lain. Seperti bronkitis kronik, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik).. ‎#nah, bgi org yg pyakit asma,, itu slh satu pemicuny terjadi asma.. Asma tdk akan kambuh jk pemicuny dihindari.. Yok waspada 2..

3. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas.. ‎#saat asap sdh msuk ke saluran pernafasan, paru2 jg akan bertambah beban kerja dlm sirkulasi darah utk menciptakan udara yg bersih.. Yup, O2 yg kita hidup setiap saat itu adlh kerja sama dari paru2 dan jantung.. Jk slh satu lelah, Akibatny, pasien susah bernafas krn jg minimnya O2 yg diserap.. Yok waspada 3..

4. Mereka yang berusia lanjut dan anak-anak (juga mereka yang punya penyakit kronik) dengan daya tahan tubuh rendah akan lebih rentan untuk mendapat gangguan kesehatan..‎#kt sbnernya tau saat tubuh sdh menunjukkan tnda2 "danger".. Tp kdg kt saja yg tdk mw mengerti.. Sygi tubuh sobat.. Yok waspada 4..

5. Kemampuan paru dan saluran pernapasan mengatasi infeksi berkurang. Sehingga menyebabkan lebih mudah terjadi infeksi..‎#tetap akibat benda asing yg msuk ke dlm saluran pernafasan.. Sgla sesuatu benda asing yg msuk kedlm tubuh, pasti ad feed back tubuh utk membacanya.. Jk daya tahan tubuh berkurang, outputnya adl tubuh lemah dan rawan penyakit mendera.. Yok waspada 5..

6. Secara umum berbagai penyakit kronik juga dapat memburuk.. ‎#yg punya penyakit asma, jantung, ginjal,bronkitis, dll.. Berhati2.. Yok waspada 6..

7. Bahan polutan di asap kebakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi, kemungkinan juga dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi.. ‎#jgn biarkan tempat air minum dan makanan terbuka.. Yok waspada 7..

8. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) jadi lebih mudah terjadi, terutama karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh (host), pola bakteri/virus dan lain-lain penyebab penyakit (agent) dan buruknya lingkungan (environment).. #jgn anggap remeh asep deh.. Yok waspada 8..

So.. Jgn remehkan yah situasi KABUT ASAP ini.. Syangi tubuh sobat krn itu salah satu titipan illahi kpd sobat.. Nanti jg diminta pertanggung jawabannya tuh.. Bagaimana sewaktu hidup kt menjaganya,.

Menurut saya, jaga nutrisi yg masuk kedlm tubuh,, dan mengurangi aktifitas diluar ruangan dan menggunakan masker.. Pakai pakaian panjang jg blh.. Lengkap saja atributnya..! 

Yg pling terpenting adlh nutrisi tubuh bs terjaga..

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Takjil On The Road. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Motivasi